Senin, 18 November 2013

Membuat Program Hitung Luas Segitiga dengan Android

Pada latihan ini, kita akan coba membuat program sederhana perhitungan luas segitiga. Buat Project Baru ( Ikut langkah seperti di artikel  ( Membuat Project Pertama di Android ) Konfigurasinya adalah sebagai berikut :

  • Application Name   : HitungLuasSegitiga
  • Project Name         : HitungLuasSegitiga
  • Package Name       : com.amrid.hitungluassegitiga
  • Minimum SDK       : API 19 (Android 4.4)
  • Target SDK           : API 19 (Android 4.4)
  • Compile with          : API 19 (Android 4.4)
  • Theme                    : none
  • Activity Name        : ActivityUtamaLuas
  • Layout Name         : activity_utama_luas
Setelah terbentuk project HitungLuasSegitiga. Selanjutnya, kita akan bermain dengan sebuah layout (activity_luas_utama.xml) yang berada di folder res/layout.

<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:orientation="vertical">
    <TextView
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Aplikasi Hitung Luas Segitiga"
        />
     <TextView
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Alas Segitiga"/>
    <EditText
        android:id="@+id/eAlas"
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:inputType="numberDecimal"
        />
    <TextView
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Tinggi Segitiga"/>
    <EditText
        android:id="@+id/eTinggi"
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:inputType="numberDecimal"
        />
    <Button
        android:id="@+id/bSegitiga"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Hitung"/>
    <EditText
        android:id="@+id/eHasil"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:editable="false"/>
</LinearLayout>
Keterangan Skrip :
  • Pada layout ini, kita membuat 2 TextView, 3 EditText, dan 1 Button. TextView akan menampung label "Alas Segitiga" dan "Tinggi Segitiga", Edit Text akan menampung inputan alas, tinggi dan hasilnya, sedangan button dibuat untuk proses perhitungan lewat event klik nantinya.
  • Yang perlu menjadi perhatian adalah nama-nama id yang dibuat pada file layout ini, yaitu eAlas, eTinggi, bSegitiga dan eHasil, karena nama-nama id tersebut yang akan dikenali pada file classnya, yaitu ActivityHitungLuas.java

Selanjutnya buka skrip ActivityUtamaLuas.java yang ada di folder src/com.amrid.hitungluassegitiga

package com.amrid.hitungluassegitiga;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.View;
import android.view.View.OnClickListener;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;
public class ActivityUtamaLuas extends Activity implements OnClickListener {
    EditText eAlas;
    EditText eTinggi;
    EditText eHasil;
    Button bSegitiga;
   
    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_utama_luas);
       
        eAlas = (EditText)findViewById(R.id.eAlas);
        eTinggi = (EditText)findViewById(R.id.eTinggi);
        eHasil = (EditText)findViewById(R.id.eHasil);
        bSegitiga = (Button)findViewById(R.id.bSegitiga);      
       
        bSegitiga.setOnClickListener(this);
    }
    @Override
    public void onClick(View view) {
        // TODO Auto-generated method stub
        double Alas = Double.parseDouble(String.valueOf(eAlas.getText()));
        double Tinggi = Double.parseDouble(String.valueOf(eTinggi.getText()));
        double Hasil = 0.5*Alas*Tinggi;
       
        eHasil.setText(String.valueOf(Hasil));
       
    }
   
}
Keterangan Skrip :
  • Pada Class ActivityUtamaLuas meng extend class activity yang mengimplementasi even klik (OnClickListerner). Kemudian kita deklarasikan 3 buah EditText dan 1 buah Button, sedangkan TextView tidak perlu dideklarasikan karena hanya menampilkan lable saja.
  • Pada method OnCreate kita set Content View pada file layout activity_utama_luas. Lalu kita definisikan ke 4 variabel yang kita deklarasikan sebelumnya dengan nama id sesuai pada file layoutnya.
  • Pada method onClick variabel alas dan tinggi harus kita konversikan terlebih dahulu ke tipe double, dikarenan EditText bertipe String, dan auntuk mengolah perhitungan luas kita butuh tipe data yang menghandle perhitungan luas segitiga, dan terakhir setelah proses perhitungan, variabel eHasil akan kembali kita konversikan tipe datanya lagi dari Double ke String.
Untuk melihat hasilnya, silahkan jalankan project HitungLuasSegitiga di emulator, kemudian misalkan isikan pada Alas Segitiga : 30 dan Tinggi Segitiga : 25, lalu klik Tombol Hitung, maka akan tampil hasilnya yaitu sebagai berikut :



























0 komentar:

Posting Komentar