Senin, 18 November 2013

6. Cara Membuat Emulator AVD

Selanjutnya, kita akan membuat Android Virtual Device (AVD) yang merupakan emulator untuk menjalankan program aplikasi Android yang kita buat. AVD ini nantinya akan kita jadikan media test untuk menjalankan aplikasi Android yang kita buat, dimana AVD berjalan di Virtual Machine. Untuk membuat AVD dapat dilakukan dari IDE Eclipse dengan cara mengklik menu Windows > Android Virtual Device Manager lalu klik New. Lihat Gambar Berikut :


Buat Emulator pertama dengan settingan seperti berikut :

AVD Name   :  Android_4.4_Kit_Kat
Device           :  3.4 WQVGA (240 x 432: hdpi)
Target            :  Android 4.4 API Level 19

Lihat Gambar Berikut :


Nama dari AVD hanya penamaan saja, Anda diperbolehkan untuk membuat nama AVD dengan nama lain, tetapi dianjurkan sesua dengan targetnya untuk memudahkan mengetahui AVD apa yang sedang running. Target disini maksudnya adalah bahwa AVD yang kita buat adalah android diatas platform 4.4 Kit Kat.

Dalam Tulisan ini Saya hanya membuat satu buah Emulator, karena Android SDK bisa membuat emulator dengan versi yang berbeda sesuai yang terinstal. Selanjutnya, mari kita uji coba emulator yang baru saja kita buat dengan mengklik AVD Name. Lalu Klik Start > Launch.



Saat pertama kali dijalankan memang emulator akan loading dengan waktu yang cukup lama. Untuk itu jika emulator sudah tampil jangan di tutup dulu, karena emulator akan loading dari awal lagi. jik berhasil akan tampil seperti gambar berikut : 









6 komentar:

  1. kenapa saya gabisa buat AVD di eclipse nya ? mohon penjelasan nya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk buat AVD sobat harus installasi ADT Plugins Eclipse dulu...
      silahkan baca artikel :
      5. Installasi ADT (Plugins Eclipse)

      Hapus
  2. mohon bantuannya gan, kenapa tombol OK pada form create new AVD tidak aktif ya?? padahal sudah mengisi semua datanya nya???

    BalasHapus
  3. iya sama nih . tombol OK nya gak bisa di klik .padahal udah sesuai dengan apa yang disuruh . mohon pencerahannya om

    BalasHapus
  4. Kenapa di bagian "CPU/ABI" ada tulisan nya "No system images installed for this target"mohon bantuan nya soalnya saya masih pemula , makasih :)

    BalasHapus