Senin, 18 November 2013

5. Installasi ADT (Plugins Eclipse)

Selanjutnya kita akan melakukan installasi ADT atau yang lebih dikenal dengan plugins eclipse, plugins ini berfungsi untuk membuat eclipse terhubung dengan Android SDK, sehingga kita bisa membuat program Android lewat Eclipse.

ADT adalah kepanjangan dari Android Development Tools yang menjadi penghubung antara IDE Eclipse dengan Android SDK. Setelah selesai Instalasi eclipse kita dapat melakukan installasi ADT dengan menggunakan koneksi internet atau menggunakan file dari link berikut : http://adf.ly/ZM217 ADT-22.2.1. Setelah di download ekstrack  file lalu salin saja folder ADT-22.2.1 ke C:\Program Files

Pertama jalankan program Eclipse dengan mengklik 2x file eclipse.exe yang berada di C:\Program Files kemudian klik menu Help > Install New Software, maka akan tampil kotak dialog Install. Selanjutnya, klik tombol Add pada bagian Work With, maka akan tampil kotak dialgo Add Repository, klik tombol Local, lalu cari foler ADT-22.2.1 yang berada di C:\Program Files  jika sudah ketemu akan tampil di bagian Location, selanjutnya klik tombol OK. Lihat Gambar Berikut : 

 
Atau Anda bisa Isikan pada Location : https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/
untuk installasi secara online

Kemudia klik pada bagian Developer Tools untuk memberikan tanda centang, lalu klik tombol Next > lihat bambar berikut : 


Maka akan tampil detail installasi, lanjutkan dengan mengklik tombol Next > Lihat gambar berikut : 


Selanjutnya akan tampil kotak dialog Review Licenses, pilih I Accpet... lalu klik tombol Finish... Lihat gambar berikut :


Setelah ADT sudah berhasil di instal, kita akan mengkoneksikan IDE Eclipse dengan Android SDK. Caranya, klik menu Windows > Preferences, lalu pilih Android di jendela bagian kiri dan jendela bagian kanan lakukan Browse SDK Location yang berada di C:\Program Files\Android SDK, setelah itu klik tombol Apply. Lihat Gambar Berikut :




1 komentar: